Penutup rangka baja baja ringan

Jenis Genteng

 

Ada banyak jenis penutup atap yang biasanya digunakan oleh pemilik rumah. Beberapa diantaranya adalah genteng keramik, genteng beton, asbes, genteng metal dan lain – lain. Namun pada rangka atap baja ringan, akankah cukup kuat menopang berat daripada genteng beton atau genteng metal? Seperti halnya rangka atap kuda – kuda kayu, struktur rangka atap baja mampu dipasang dengan menggunakan jenis genteng apapun dan dengan berbagai macam berat genteng.

Perusahaan baja ringan yang baik dan berpengalaman, pasti mempunyai software khusus dalam perhitungan struktur termasuk perhitungan beban rencana. Beban genteng sendiri merupakan bagian dari beban rencana yang sudah diperhitungkan dalam pendesainan struktur rangka atap baja ringan. Sehingga seharusnya tidak perlu khawatir apabila struktur rangka atap baja ringan tidak kuat menahan beban genteng. Tentu saja ada perbedaan struktur apabila rangka atap baja ringan menggunakan penutup atapnya genteng beton atau genteng metal. Dengan berat genteng metal yang lebih ringan daripada genteng beton atau genteng keramik, struktur pengaku atau kebutuhan profil rangka atap baja ringan akan tidak sebanyak atau setebal jika menggunakan genteng beton.

Adanya perbedaan banyaknya kebutuhan bahan atau ketebalan profil rangka atap baja ringan jika menggunakan genteng beton dan genteng metal, tentu saja berpengaruh pada harga jual suatu konstruksi rangka atap baja ringan. Dengan perbedaan tersebut, maka konstruksi rangka atap baja ringan yang dirancang dengan menggunakan jenis genteng metal harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan konstruksi rangka atap baja ringan yang menggunakan jenis genteng beton ataupun genteng keramik.

Bagi para konsumen atau calon pengguna konstruksi rangka atap baja ringan perlu banyak bertanya atau berkonsultasi dengan produsen atau dengan ahlinya mengenai software perhitungannya, dan besar beban genteng yang genteng harus tercantum dalam gambar detail kuda – kuda. Agar tidak terjadi kesalahan di lapangan dan memperkecil resiko gagal atau runtuhnya struktur rangka atap baja ringan dengan jenis genteng yang berbahan berat seperti beton atau keramik.

Sumber : ekgindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s