Tips Membeli Rangka Atap Baja Ringan

2

Proyek 4

 

Jika membeli rangka atap baja ringan sama dengan membeli struktur, maka pastikan bahwa struktur tersebut kuat dan memberikan kenyamanan bagi rumah anda. Kekuatan sebuah rangka atap baja ringan ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah bentuk profil dan analisa software. Analisis akan menentukan kekuatan, kekakuan, dan kualitas sistem struktur. Kualitas analisis akan terbukti ketika kuda – kuda terpasang. Yang terjadi belakangan ini analisis perencanaan didukung oleh analisis empiris lapangan, akan menjadi penting ketika kondisi yang terjadi di lapangan, contoh; bentuk ring balk yang tidak ideal akan menjadi masalah dalam perakitan. Oleh sebab itu dengan pemasangan yang baik sudah pasti akan mendapatkan hasil yang juga baik alias maksimal.

Produsen yang baik, tidak hanya mengandalkan pengalaman saja, namun akan selalu menyertakan panduan teknis, gambar kerja dan analisis struktur menurut versi software khusus rangka atap baja ringan. Menghilangkan faktor – faktor tersebut diatas dapat berakibat fatal salah satunya adalah bisa menyebabkan kuda – kuda roboh. Solusi yang bijak, tentu saja adalah teliti sebelum membeli. Karena menyangkut keamanan dari struktur atap rumah anda sendiri.

Selanjutnya mari berbicara tentang harga. Mahal atau tidaknya struktur rangka atap baja ringan adalah relative. Setiap produsen berbeda dalam menentukan harga, misalnya dari mulai Rp 125.000/m bahkan sampai dengan 250.000/m. namun harga pun bukan faktor utama dalam memilih struktur yang kuat dan terjamin keamanannya. Pastikan bahwa elemen – elemen dasar dari struktur rangka atap baja ringan tidak dikurangi, seperti pengurangan bracing, atau asesoris lain yang penting dalam struktur. Sebelum membeli struktur, ada baiknya mengenal elemen – elemen dasar yang mendukung struktur dan menjadi bagian – bagian yang penting bagi struktur dapat kuat dan aman.

Elemen dasar baja ringan. Untuk menyegarkan ingatan anda, bahan dasar dari baja ringan adalah Carbon Steel. Carbon Steel adalah baja yang elemen – elemennya mempunyai prosentase maksimum selain bajanya sendiri adalah ; 1,70 % Carbon, 1,65 % Manganese, 0,60 % silicon, 0,60 % cooper. Untuk meninggikan strength dari baja diperlukan kedua unsure yaitu carbon dan manganese.

Bahan dasar baja ringan adalah Baja High Tensile G-550 (minimum yield strength adalah 5500 kg / m2 ). Sementara coating atau lapisan anti karat, untuk melindungi bahan dasar baja ringan. Pelapis atau pelindung baja yang umum beredar adalah zinc / galvanis, zincalume, dan zincalume yang ditambah magnesium.

Fungsi atap secara khusus adalah memberikan perlindungan terhadap bagian dalam bangunan dari gangguan seperti hujan, panas, debu, angin dan lain – lain. Maka pastikan senantiasa bahwa konstruksi atap bangunan yang dibeli akan memberikan kenyamanan dan memenuhi kaidah struktur.

Sumber:ekgindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s